Review Album: Dan Auerbach – Keep it hid (2009)

Tulisan berikut ini adalah salah satu review saya mengenai musik band/solo yang saya dengarkan dalam kurun waktu satu bulan. review yang saya tulis ini hanyalah berisikan opini subjektif saya.

Dan Auerbach,
Related Artist : The Black keys, Cage The Elephant, Hanni El-Khatib, Dan Platnasky, Patrick Sweany.

image

Dan Auerbach, lahir 14 mei, 1979. adalah salah satu penyanyi blues rock amerika dan vokalis sekaligus gitaris dari band dengan asal negara yang sama, The black Keys. dengan 2 personil, Dan Auerbach sebagai vocalis serta gitaris bersama dengan Patrick Carney sebagai drummist (maksudnya drummer). Dengan suksesnya The black keys lewat album Rubber Factory (2004) The black keys melanjutkan kontrak dengan label nonesuch records, yang juga menjadi produser label rekaman album solo Dan auerbach pada tahun 2009 dengan judul “Keep It Hid”.

Secara umumnya, Album ini dibuat dengan genre yang tidak jauh dari The black keys, Classic blues, filter dari rock tahun 70-60an, akan tetapi tanpa hantaman drum dari Patrick Corney yang menjadikan album ini berbeda. Album ini berisikan 14 track, dengan track “’Goin Home” yang menjadi Official Soundtrack dari film “Up In The Air”. Beberapa track lagu tidak dikerjakan sendiri oleh Auerbach melainkan dibantu dengan penyanyi lain, seperti dalam track “I Want Some More” yang juga digarap oleh Wayne Carson Thompson, seorang penyanyi country asal amerika.

image

Dan Auerbach tidak memulai album Keep it Hidnya dengan track yang memiliki beat cepat seperti dalam album album The black keys. Melalui “Trouble Weights a Ton”, Dan menunjukkan track lembut dengan alunan gitar blues bertempo lambat. The best part dari track ini menurut saya terletak dalam lirik yang dibawa oleh Dan. menggambarkan seseorang yang sedang mengalami permasalahan berat, namun tidak dapat dibagikan kepada orang lain dengan kata kata. “Whats Wrong dear Brother? Troubles weight a ton”. Track selanjutnya yang menjadi salah satu track terbaik dan sering saya dengarkan, “Heartbroken, in Disrepair”. Awal track diawali dengan alunan gitar blues-rock berefek, yang menurut saya sangat “catchy”. pada beberapa sesi, Dan memainkan solo gitar yang bernadakan blues dengan latar belakang gitar berefek “wahwah”. soal lirik, Dan sama sekali tidak mengecewakan, pada dasarnya, lirik yang diangkat oleh Dan tidak jauh dari judul lagu yang ia buat, Bisa dibayangkan kan? soal makna dalam lirik, siapapun boleh berpendapat. “When i left the room”, menjadi salah satu track yang penuh psychedelia dicampur dengan blues ala ala dan auerbach.

Sepenuhnya Album ini menggaris-bawahi Dan Auerbach adalah seorang talenta musik yang sangat berbakat, tidak jauh dari itu pula lewat The black keys, yang juga memiliki Patrick Carney. menjadikan eksistensi mereka sebagai duo Musisi yang benar benar berbakat.

Sumber: Wikipedia, Youtube, Metro Lyrics, All music.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s