Review Album: Kaleo – A/B (2016), The Debut Album.

Tulisan berikut ini adalah salah satu review saya mengenai musik band/solo yang saya dengarkan dalam kurun waktu satu bulan (yang ini lebih). tulisan ini hanyalah berisikan opini subjektif saya. selamat menikmati!

Kaleo,
Related Artists: Black Pistols Fire, Bear’s Den, Hozier, Cold War Kids, Jack White.

photo

Kaleo terbentuk di Mosfellsbaer, Islandia. band ini terdiri dari 4 personil JJ Juliusson (vokalis), Rubin Pollock (lead guitar, backing vocals), Daniel Kristjansson (bass) dan David Antonsson (drums, percussion, backing vocal). Pertama kalinya saya menarik telinga saya kepada mereka saat muncul dalam official soundtrack film Logan dengan judul “Way Down We Go” (setelah saya sadari, sepertinya saya lebih tertarik dengan alunan gitar blues-rock semacam ini).

image

Lebih lanjut saya dengarkan lagu mereka, beberapa lagu lainnya muncul dalam autoplay dimedia player saya “no good“ yang ternyata alunannya menurut saya tidak jauh dari gaya the black keys, track pertama dalam album A/B ini masuk kedalam serial film “Vinyl“. Track lagu ini full dengan hantaman drum ber tempo cepat dengan alunan gitar yang menurut saya mengarah ke bluesrock-garage, dan didukung dengan vokal JJ juliusson yang bernada tinggi. tidak berhenti di track tersebut, “Hot blood“ dan “Glass House“ pun memiliki Track lagu dengan gaya yang sama.

Dikutip dari soundsfiction.com A/B also features songs that give off an incredibly old and soulful sounds, feeling as if they’re from an entirely different era.

image

Secara keseluruhan, tidak seluruh lagu dari kaleo ini ber genre blues-rock, garage dan semacamnya. jika dan auerbach menyelipkan beberapa lagu psychedelic didalam album yang didominasi dengan genre blues rocknya. dikutip dari rollingstone.com “There is a little more ice and snow in Vor I Vaglaskogi”, disamping hantaman drum bertempo cepat dan alunan gitar bluesrock, kaleo memasukkan track yang bergenre folk ke dalam album debut A/B, Islandia banget kan!. Ditambah lagi, lagu mereka yang berjudul “Vor i Vaglaskogi” ini menggunakan lirik dengan bahasa islandia, track ini adalah representatif dari tujuan manusia yang berasal darimana dan akan pergi kemana, lirih pol! sedap!. dalam beberapa track lain seperti, “All The Pretty Girls” dimana beberapa review menyebutkan bahwa track ini seperti ter-”influence” dari Bon Iver yang bernyanyi country dengan nada falsettonya,

“a fun country influenced track that gives off summer vibes”- soundfiction.com.

image

Album debut yang mencampurkan blues-rock, folk dan country ini memberikan efek “smash” yang sekaligus memberikan impact positif kepada mereka dengan beberapa track yang menjadi top chart di beberapa negara. Sekaligus memberikan ekspektasi yang tinggi, ditambah dengan keputusan mereka dalam menandatangani ke label yang lebih besar semakin menambah ekspetasi yang tinggi untuk kaleo. Pada akhirnya, album-album selanjutnya yang akan mereka rilis di kemudian hari apakah akan semakin menaikkan eksistensi mereka? no one knows ya kan?, what only left for them is doing things they’re love the most: making good music.

Sumber: Spotify, Youtube, Wikipedia, Soundfiction.com, Rollingstones.com, officialkaleo.com, 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s